Berita

GURU SEBAGAI ARKETIF KARAKTER

DRA.RADEN. DIDA JUBAEDAH

GURU SMP NEGERI  21 BANDUNG

Bangsa Indonesia sedang dalam kondisi kritis karakter. Banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat negeri ini yang tidak sesuai dengan Pancasila. Termasuk para remaja, dewasa ini semakin dipertanyakan berbagai penyebab kenakalan remaja. Kita sering mendengar dan melihat berita di televisi atau media cetak lainnya mengenai  tawuran geng antar pelajar, penganiayaan hingga kematiaan bahkan ada juga yang menjurus pada tindak kriminalitas. Hal tersebut membuktikan bahwa telah terjadi pengikisan moral bangsa di negara ini. Meskipun demikian, pemerintah terus berupaya untuk tetap konsisten dalam memajukan pendidikan termasuk pendidikan karakter di sekolah-sekolah. Pendidikan karakter di sekolah dimaksudkan untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan karakter terutama yang mencakup ke dalam butir-butir Standar kompetensi lulusan sehingga mereka menjadi insan yang berkepribadian mulia, cerdas, dan kopetitif.

          Berbicara mengenai pendidikan, tidak mungkin terlepas dari guru yang secara konteks bahwa guru adalah seseorang yang akan “digugu dan ditiru”. Memang tidak mudah menjalankan profesi sebagai seorang guru yang notabene harus memiliki  kompetensi profesional, pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian yang positif. Semua kompetensi itu harus mengerucut pada karakter guru yang ideal sehingga menjadi cerminan dan teladan bagi para siswanya. Meskipun demikian, para guru tidak usah pesimis karna jikalau profesi guru dilakukan dengan menyenangkan, iklas tanpa beban dan semata-mata dilakukan karena  Allah maka Insya Allah akan bernilai ibadah yang tinggi.

          Saat berlangsungnya Pendidikan karakter di sekolah, guru adalah model ideal karakter, apa yang diucapkan, dilakukan oleh guru secara sadar atau tidak, tentu akan diikuti oleh  para siswanya. Ingat bahwa prilaku generasi muda di masa depan salah satunya karena kontribusi guru di masa kini! Hal tersebut dikarenakan guru memiliki  kewajiban untuk memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik dan benar, seperti yang menjadi harapan Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Oleh karena itu, dalam rangka membina pelaksanaan pedidikan karakter di sekolah perlu adanya inovasi di antaranya: pertama, pedidikan karakter dilakukan secara terintegrasi meliputi pemuatan nilai-nilai ke dalam substansi pada semua mata pelajaran beserta kegiatan pembelajarannya dengan harapan bahwa guru tidak hanya mencantumkan nilai-nilai karakter dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) tetapi juga mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam setiap aktivitas pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Kedua, kegiatan pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan kesiswaan seperti tata tertib siswa atau kegiatan-kegiatan yang dapat memperkokoh karakter siswa misalkan melalui ekstrakurikuler pramuka, mengadakan tausiah, musafaah, bakti sosial, dll. Ketiga, Pengembangan karakter dilaksanakan melalui kegiatan pengelolaan semua bidang urusan sekolah yang melibatkan semua warga sekolah. Untuk point ketiga ini cukup kompleks, oleh karena urusan sekolah desainnya harus dimulai dari visi, misi, dan srategi  sekolah, program kurikulum yang berkarakter, program humas, program sarana prasarana yang berkarakter. Dengan kata lain semua urusan sekolah harus tertuju pada penanaman pendidikan karakter secara universal serta melibatkan semua pihak termasuk guru sebagai teladannya.

          Penanaman pendidikan karakter pada para siswa harus dilakukan setiap waktu dan kesempatan oleh karena itu guru harus lebih kritis terhadap apa yang sedang dan telah dia lakukan selama di sekolah. Evaluasi para guru terhadap diri sendiri sangat penting. Mengevaluasi diri, berefleksi dan mengadakan perenungan tentu akan memperbaiki  kualitas karakter guru sebagai pendidik. Ingatlah bahwa penilai termahir adalah siswa karena siswa akan meniru dan menilai kita menurut pandangannya dan akan melekat  teringat sepanjang masa.

Kalender

September 2021

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30

RUMAH BELAJAR

Pusat Sumber Belajar

Polling

Bermanfaatkah website sekolah bagi Anda

  Ragu-ragu
  Tergantung
  Tidak
  Ya
  Sangat Bermanfaat

  Hasil Polling

PENGUMUMAN KELULUSAN

PPDB ONLINE